Selasa, 14 September 2021

PROPOSAL USAHA SKB INA PRINTER CENTER

 

PROPOSAL USAHA STUDI KELAYAKAN BISNIS

INA PRINTER CENTER

Mata Kuliah                : Studi Kelayakan Bisnis

Dosen Pengampu        : Sukirno, M.Si

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mandiri Mata Kuliah Studi Kelayakan Bisnis

 

Description: L:\LOGO STIES PUTERA BANGSA.jpg

Oleh :

M. Kholil                     M1721012

 

 

SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SYARI’AH

PUTERA BANGSA TEGAL

TAHUN 2019


 

KATA PENGANTAR

 

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya,sehingga Saya dapat menyelesaikan proposal usaha yaitu jasa service printer yang diberi nama “INA PRINTER CENTER”

Saya menyadari bahwa dalam pembuatan proposal terdapat banyak kesalahan,oleh karena itu saya mengharap kritik dan saran dari semua pihak. Dan semoga proposal ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan dunia usaha.

 

 

 

                                 

Slawi, 23 November 2019

                                                                  

 

                                                        

 

Penyusun


 

DAFTAR ISI

 

Kata Pengantar.................................................................................................... ii

Daftar Isi ........................................................................................................... iii

 

BAB I Pendahuluan ........................................................................................... 1

A.    Latar Belakang ....................................................................................... 1

B.     Misi Dan visi Usaha ............................................................................... 1

 

BAB II Analisis Usaha....................................................................................... 2

A.    Marketing Mix......................................................................................... 2

B.     Analisa Pasar........................................................................................... 3

 

BAB III PERHITUNGAN KEUANGAN DAN RENCANA

PEMASARAN................................................................................................... 4

A.    Modal Awal ........................................................................................... 4

B.     Biaya Operasional .................................................................................. 4

C.     Perhitungan Harga .................................................................................. 5

D.    Omzet perbulan....................................................................................... 6

E.     Omzet Pertahun....................................................................................... 6

F.      Laba per bulan......................................................................................... 6

G.    Analisa PBP (Pay Back Priod)................................................................ 6

 

BAB IV PENUTUP .......................................................................................... 7


BAB 1


Pendahuluan

 

 

A.  Latar Belakang

Dewasa ini, kemajuan teknologi dan pelayanan jasa service sangatlah diperlukan guna menunjang kemudahan kebutuhan dalam aktivitas dan pekerjaan manusia sehari-hari. Diperlukannya jasa pelayanan service biasanya karna tidak menginginkan terhambatnya aktivitas pekerjaan dan juga meminimalisir biaya penggantian guna penghematan anggaran.

 

Melihat peluang dalam suatu daerah tertentu maka dengan penelitian dan survei inilah ada keinginan untuk membuka jasa pelayanan service. Ina Printer Center adalah nama tempat usaha jasa pelayanan service printer yang akan dibangun. Dimana printer adalah kebutuhan oleh hampir semua orang. Baik pelajar, pegawai, sampai dengan perusahaan dan lain sebagainya. Dan pastinya peluang usaha ini akan menjanjikan apabiLAa dibutuhkan ditempat lokasi yang sempurna pula.

 

B.  Misi Dan Visi Usaha

1.      VISI

Memberikan pelayanan jasa yang prima serta memberikan yang terbaik kepada pelanggan.

2.      MISI

ü  Memberikan service yang berkualitas.

ü  Memberikan harga yang terjangkau.

ü  Menjalankan pelayanan Prima dengan sebaik mungkin. produk.

Tidak melakukan kecurangan-kecurangan yang dapat merugikan konsumen.


 

BAB II

ANALISIS USAHA

 

A.  Marketing Mix

1.      Product

Produk yang kami hadirkan ialah produk jasa service printer. Kami melayani service printer seperti memperbaiki kerusakan catridge, head, roll, mati total, infus priter, reset dan lain-lain

2.      Price

Harga yang kami tawarkan pada jasa service ini sesuai dengan tingkat kerusakan pada printer dan tersebut. Tetapi jangan ragu, karena harga yang kami tawarkan cukup murah untuk kalangan menegah.

3.      Place

Tempat usaha ini sangat strategis yaitu di pinggir jalan yang mudah untuk di ketahui atau di lihat oleh calon konsumen. Di daerah tersebut juga kawasan yang ramai dilalui oleh masyarakat slawi dan juga kawasan yang berpotensi untuk membuka usaha apa lagi jasa service karena berdekatan dengan sekolah-sekolah, kantor-kantor instansi pemerintah dan usaha percetakan.

4.      Promotion

Saya mempromosikan usaha ini dengan cara membagikan brosur dan juga mempromosikannya ke media sosial seperti WA, facebook dan instagram.

5.      People

Karyawan Service di usaha saya ini mampu melayani konsumen dengan baik dan juga mampu mengerjakan masalah dan kerusakan pada printer dengan semaksimal mungkin.

6.      Process

ü Proses operasional usaha dimulai dari check up kesiapan sema peralatan servis yang akan digunakan untuk bekerja.

ü Interview dengan konsumen berkaitan kerusakan yang terjadi pada komputer dan perlakuan dalam menggunakannya.

ü Check up kondisi Printer di depan konsumen dan mencatat identifikasi dalam nota tanda terima yang selanjutnya menyerahkan copian nota tersebut pada pihak konsumen sebagai tanda bukti pengambilan bila komputer sudah selesai diperbaiki.

ü Melakukan servis dan semua unit printer konsumen berdasarkan urutan nomor tanda terima, hal ini dilakukan untuk membedakan harga bagi konsumen tertentu yang meminta perioritas.

ü Printer bila terjadi kerusakan pada hardware maka sebelum melakukan penggantian terlebih dahulu memberitahu pihak konsumen untuk kesepakatan biaya yang akan dibebankan.

ü Waktu garansi service yang diberlakukan adalah 1 minggu Sedangkan untuk jasa servis mengikuti harga umum yang berlaku sesuai dengan tingkat kerusakan komputer.

7.      Physical Evidence

Adanya social media seperti WA, facebook dan intagram maupun media informasi lainnya, yang berguna untuk menerima keluhan dari konsumen dan juga untuk menerima orderan perbaikan.

 

B.  Analisa Pasar

1.      Strenght (Kekuatan)

Kekuatan usaha ini ialah di daerah usaha ini berdiri adalah kawasan yang sering di lewati oleh masyarakat slawi, dan juga kawasan yang dekat oleh sekolahan, kantor-kantor instansi pemerintah juga mudahnya usaha ini di temukan. Adanya pelayanan antar jemput servisan guna kemudahan pelanggan.

2.      Weaknees (Kelemahan)

Kelemahan usaha ini ialah banyak terdapat perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama di wilayah perkotaan.

3.      Opportunity (Peluang)

Kebanyakan masyarakat tidak ingin repot-repot ke tempat service maka dengan sistem antar jemput servisan atau dengan service langsung ditempat merupakan peluang usaha service printer yang menjanjikan.

4.      Theart (ancaman)

Ancaman usaha ini ialah tumbuhnya pesaing baru. Manjaemen yang buruk didalam usaha service tersebut juga merupakan ancaman.

 

 


 

BAB III

PERHITUNGAN KEUANGAN DAN RENCANA PEMASARAN

 

 

A.  Modal Awal (Fixed Cost)

Berikut adalah perincian perkiraan modal awal serta penggunaanya :

1.      Biaya kontrak tempat usaha                               : Rp.       5.000.000,00

2.      Komputer kantor                                                : Rp.       2.000.000,00

3.      Perlengkapan ruangan                                        : Rp.       1.000.000,00

4.      Peralatan service                                                 : Rp.       1.440.000,00

5.      Perlengkapan Hardware                                     : Rp.       2.200.000,00

6.      Perlengkapan software                                       : Rp.          500.000,00

7.      Transportasi                                                        : Rp.          500.000,00

8.      Aksesoris Printer                                                : Rp.       2.400.000,00

9.      Brosur dan Banner                                             : Rp.          500.000,00

TOTAL MODAL                                                       Rp.     15.540.000,00

 

B.  Biaya Operasional

1.      Gaji 1 pegawai @1.800.000                               : Rp.       1.800.000,00

2.      Rekening listrik                                                  : Rp.          100.000,00

3.      Rekening Air                                                      : Rp.            50.000,00

4.      Akses internet                                                     : Rp.          250.000,00

5.      Lain-lain                                                             : Rp.          500.000,00

TOTAL OPERASIONAL                                       : Rp.       2.700.000,00

 

Peralatan Service

 

No.

Nama Barang

Banyaknya

Harga Satuan

Jumlah

1.

Solder

2

Rp   70.000,00

Rp  140.000,00

2.

Obeng

1 set

Rp 300.000,00

Rp  300.000,00

3.

Tang

1 set

Rp 300.000,00

Rp  300.000,00

4.

Blower

2

Rp 250.000,00

Rp  500.000,00

5.

Kabel ties

4

Rp   25.000,00

Rp. 100.000,00

6

 

Lakban

5

Rp   15.000,00

Rp.   60.000,00

7.

 

Double Tipe

2

Rp.  20.000,00

Rp    40.000,00

 

 

 

 

Total

Rp1.440.000,00

 

List Software

No

Nama Barang

Banyaknya

Harga Satuan

Jumlah

1.

Resetter All Printer

1

Rp. 250.000,00

Rp. 250.000,00

2.

Driver All Printer

1

Rp. 250.000,00

Rp. 250.000,00

 

Total

Rp. 500.000,00

 

List Hardware

No.

Nama Barang

Banyaknya

Harga Satuan

Jumlah

1.

Motherboard Printer

5

Rp. 200.000,00

Rp. 1.000.000,00

2.

Power Suply Printer

3

Rp. 200.000,00

Rp.    600.000,00

3.

Printer ip2770

1

Rp. 600.000,00

Rp.    600.000,00

 

Total

Rp. 2.200.000,00

 

List aksesoris Printer

No

Nama Barang

Banyaknya

Harga Satuan

Jumlah

1.

Tinta

20

Rp. 30.000,00

Rp.   600.000,00

2.

Karet Roll

5

Rp.  40.000,00

Rp.   200.000,00

3.

Tabung Tinta

5

Rp.  50.000,00

Rp.   250.000,00

4.

Kertas

1

Rp.  50.000,00

Rp.    50.000,00

5.

Kabel

10

Rp.  20.000,00

Rp    200.000,00

6.

Catridge

4

Rp. 250000,00

Rp 1.000.000,00

7.

Kable Flexibel

4

Rp.  25.000,00

Rp.   100.000,00

8.

 

 

 

 

Total

Rp2.400.000,00

 

 

 

 

 

C.  Perhitungan Harga

Ketentuan Umum :

ü  Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

ü  Acuan utama adalah harga yang telah disepakati melalui kontak via SMS / WhatsApp.

ü  Acuan Jarak adalah jarak terdekat dari Slawi ke lokasi berdasarkan Google Maps.

ü  Total biaya adalah Jumlah Seluruh Komponen Biaya

Biaya Total = Biaya Jasa + Biaya Transport

contoh : jasa pengecekan kerusakan + jarak lokasi 5 km

Biaya Total = Rp. 65.000,00 + Rp. 20.000,00 = Rp. 85.000,00

Komponen Biaya Transport per Lokasi :

ü  < 2 km                    : Rp. 0,-

ü  2 – 5 km     : Rp. 20.000,00

ü  6 – 10 km   : Rp. 35.000,00

ü  11- 50 km   : Rp. 100.000.00

Keterangan : Batas untuk jarak penyervisan 50 km.

Komponen Biaya Jasa per Printer :

ü  Jasa pengecekan kerusakan dan perbaikan : Rp. 50.000,00

ü  Service Ringan                                                       : Rp. 35.000,00

ü  Service Berat                                                          : Rp.70.000,00

ü  Penggantian sparepart                                            : Disesuaikan

ü  Ganti Pasang Komponen atau Pasang Motherboard         : Disesuaikan

ü  Untuk pembelian komponen di atas nominal Rp.50.000 diharuskan membayar terlebih dahulu (tunai / transfer)

 

D.  Omzet perbulan

Harga pebaikan x jumlah service x 30 hari

( Rp 50.000,00 x 3 servis ) x 30 hari                                  :Rp    4.500.000,00

Harga penjualan printer

(Rp.50.000,00 x30 hari                                                      :Rp    1.500.000,00

Total                                                                                   :Rp   6.000.000,00

 

E.  Omzet Pertahun

Omzet Perbulan x 12 bulan

6.000.000,00 x 12                                                               :Rp  72.000.000,00

 

 

F.   Laba per bulan

Omzet perbulan – Biaya Oprasional

( Rp 6.000.000,00 - Rp 2.700.000,00 )                                   : Rp 3.300.000,00

 

 

G. Analisa PBP (Pay Back Priod)

PBP     = (Modal Awal : Total Keuntungan)

= (Rp. 15.540.000,00 : Rp. 3.300.000,00)

= 4,7 Bulan

Jadi, modal kita dapat kembali kurang lebih dalam jangka waktu 4,1 bulan atau 124 hari


 

BAB IV

PENUTUP

 

Demikian makalah pendirian usaha jasa service printer ini saya buat. Saya menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari kesempurnaan,. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar