PROPOSAL USAHA STUDI KELAYAKAN BISNIS
INA PRINTER CENTER
Mata Kuliah : Studi Kelayakan Bisnis
Dosen Pengampu : Sukirno, M.Si
Diajukan Untuk Memenuhi Tugas Mandiri Mata Kuliah Studi Kelayakan
Bisnis
Oleh :
M. Kholil M1721012
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI SYARI’AH
PUTERA BANGSA TEGAL
TAHUN 2019
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa
yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya,sehingga Saya dapat menyelesaikan
proposal usaha yaitu jasa service printer yang diberi nama “INA PRINTER CENTER”
Saya menyadari bahwa dalam pembuatan proposal terdapat
banyak kesalahan,oleh karena itu saya mengharap kritik dan saran dari semua
pihak. Dan semoga proposal ini memberikan informasi bagi masyarakat dan
bermanfaat untuk pengembangan dunia usaha.
Slawi, 23 November 2019
Penyusun
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.................................................................................................... ii
Daftar Isi ........................................................................................................... iii
BAB I Pendahuluan ........................................................................................... 1
A.
Latar Belakang ....................................................................................... 1
B.
Misi Dan visi Usaha ............................................................................... 1
BAB II Analisis Usaha....................................................................................... 2
A.
Marketing Mix......................................................................................... 2
B.
Analisa Pasar........................................................................................... 3
BAB III PERHITUNGAN KEUANGAN DAN RENCANA
PEMASARAN................................................................................................... 4
A.
Modal Awal ........................................................................................... 4
B.
Biaya Operasional .................................................................................. 4
C.
Perhitungan Harga .................................................................................. 5
D.
Omzet perbulan....................................................................................... 6
E.
Omzet Pertahun....................................................................................... 6
F.
Laba per
bulan......................................................................................... 6
G.
Analisa PBP (Pay Back Priod)................................................................ 6
BAB IV PENUTUP .......................................................................................... 7
BAB 1
Pendahuluan
A. Latar
Belakang
Dewasa ini, kemajuan teknologi dan
pelayanan jasa service sangatlah diperlukan guna menunjang kemudahan kebutuhan
dalam aktivitas dan pekerjaan manusia sehari-hari. Diperlukannya jasa pelayanan
service biasanya karna tidak menginginkan terhambatnya aktivitas pekerjaan dan
juga meminimalisir biaya
penggantian guna penghematan anggaran.
Melihat peluang
dalam suatu daerah tertentu maka dengan penelitian dan survei inilah ada
keinginan untuk membuka jasa pelayanan service. Ina Printer Center adalah nama
tempat usaha jasa pelayanan service printer yang akan dibangun. Dimana printer
adalah kebutuhan oleh hampir semua orang. Baik pelajar, pegawai, sampai dengan
perusahaan dan lain sebagainya. Dan pastinya peluang usaha ini akan menjanjikan
apabiLAa dibutuhkan ditempat lokasi yang sempurna pula.
B. Misi Dan Visi Usaha
1. VISI
Memberikan pelayanan jasa yang prima serta memberikan
yang terbaik kepada pelanggan.
2. MISI
ü Memberikan service
yang berkualitas.
ü Memberikan
harga yang terjangkau.
ü Menjalankan pelayanan
Prima dengan sebaik mungkin. produk.
Tidak melakukan kecurangan-kecurangan
yang dapat merugikan konsumen.
BAB II
ANALISIS USAHA
A. Marketing
Mix
1.
Product
Produk yang kami hadirkan ialah
produk jasa service printer. Kami
melayani service printer seperti
memperbaiki kerusakan catridge, head, roll, mati total, infus priter, reset dan lain-lain
2.
Price
Harga yang kami tawarkan pada jasa
service ini sesuai dengan tingkat kerusakan pada printer dan tersebut. Tetapi jangan ragu,
karena harga yang kami tawarkan cukup murah untuk kalangan menegah.
3.
Place
Tempat usaha ini sangat strategis
yaitu di pinggir jalan yang mudah untuk di ketahui atau di lihat oleh calon
konsumen. Di daerah tersebut juga kawasan yang ramai dilalui oleh masyarakat slawi dan juga
kawasan yang berpotensi untuk membuka usaha apa lagi jasa service karena berdekatan
dengan sekolah-sekolah, kantor-kantor instansi pemerintah dan usaha percetakan.
4.
Promotion
Saya mempromosikan usaha ini dengan
cara membagikan brosur dan juga mempromosikannya ke media sosial seperti WA, facebook dan
instagram.
5.
People
Karyawan Service di usaha saya ini
mampu melayani konsumen dengan baik dan juga mampu mengerjakan masalah dan
kerusakan pada printer dengan
semaksimal mungkin.
6.
Process
ü Proses
operasional usaha dimulai dari check up kesiapan sema peralatan servis yang
akan digunakan untuk bekerja.
ü Interview
dengan konsumen berkaitan kerusakan yang terjadi pada komputer dan perlakuan
dalam menggunakannya.
ü Check up kondisi Printer di depan
konsumen dan mencatat identifikasi dalam nota tanda terima yang selanjutnya
menyerahkan copian nota tersebut pada pihak konsumen sebagai tanda bukti
pengambilan bila komputer sudah selesai diperbaiki.
ü Melakukan
servis dan semua unit printer konsumen
berdasarkan urutan nomor tanda terima, hal ini dilakukan untuk membedakan harga
bagi konsumen tertentu yang meminta perioritas.
ü Printer bila
terjadi kerusakan pada hardware maka sebelum melakukan penggantian terlebih
dahulu memberitahu pihak konsumen untuk kesepakatan biaya yang akan dibebankan.
ü Waktu
garansi service yang diberlakukan adalah 1 minggu Sedangkan untuk jasa servis
mengikuti harga umum yang berlaku sesuai dengan tingkat kerusakan komputer.
7.
Physical Evidence
Adanya social media seperti WA, facebook dan
intagram maupun media informasi lainnya, yang berguna untuk menerima keluhan
dari konsumen dan juga untuk menerima orderan perbaikan.
B. Analisa
Pasar
1.
Strenght (Kekuatan)
Kekuatan usaha ini ialah di daerah
usaha ini berdiri adalah kawasan yang sering di lewati oleh masyarakat slawi, dan juga
kawasan yang dekat oleh sekolahan, kantor-kantor instansi
pemerintah juga
mudahnya usaha ini di temukan. Adanya pelayanan antar jemput servisan guna kemudahan
pelanggan.
2.
Weaknees (Kelemahan)
Kelemahan usaha ini ialah banyak
terdapat perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama di
wilayah perkotaan.
3.
Opportunity (Peluang)
Kebanyakan
masyarakat tidak ingin repot-repot ke tempat service maka dengan sistem antar
jemput servisan atau dengan service langsung ditempat merupakan peluang usaha
service printer yang menjanjikan.
4.
Theart (ancaman)
Ancaman usaha ini ialah tumbuhnya
pesaing baru. Manjaemen yang buruk didalam usaha service tersebut juga merupakan
ancaman.
BAB III
PERHITUNGAN KEUANGAN DAN RENCANA
PEMASARAN
A. Modal Awal (Fixed Cost)
Berikut adalah perincian perkiraan modal awal serta
penggunaanya :
1. Biaya kontrak tempat
usaha : Rp. 5.000.000,00
2. Komputer
kantor : Rp. 2.000.000,00
3. Perlengkapan
ruangan : Rp. 1.000.000,00
4. Peralatan
service : Rp. 1.440.000,00
5. Perlengkapan
Hardware : Rp. 2.200.000,00
6. Perlengkapan
software : Rp. 500.000,00
7. Transportasi : Rp. 500.000,00
8. Aksesoris Printer :
Rp. 2.400.000,00
9. Brosur dan
Banner :
Rp. 500.000,00
TOTAL MODAL Rp. 15.540.000,00
B. Biaya Operasional
1. Gaji 1 pegawai
@1.800.000 :
Rp. 1.800.000,00
2. Rekening
listrik :
Rp. 100.000,00
3. Rekening Air
:
Rp. 50.000,00
4. Akses
internet :
Rp. 250.000,00
5. Lain-lain : Rp. 500.000,00
TOTAL OPERASIONAL :
Rp. 2.700.000,00
Peralatan Service
No. |
Nama Barang |
Banyaknya |
Harga Satuan |
Jumlah |
|
1. |
Solder |
2 |
Rp 70.000,00 |
Rp
140.000,00 |
|
2. |
Obeng |
1 set |
Rp 300.000,00 |
Rp
300.000,00 |
|
3. |
Tang |
1 set |
Rp 300.000,00 |
Rp
300.000,00 |
|
4. |
Blower |
2 |
Rp 250.000,00 |
Rp
500.000,00 |
|
5. |
Kabel ties |
4 |
Rp 25.000,00 |
Rp. 100.000,00 |
|
6 |
|
Lakban |
5 |
Rp 15.000,00 |
Rp. 60.000,00 |
7. |
|
Double Tipe |
2 |
Rp. 20.000,00 |
Rp 40.000,00 |
|
|
|
|
Total |
Rp1.440.000,00 |
List Software
No |
Nama Barang |
Banyaknya |
Harga Satuan |
Jumlah |
|
1. |
Resetter All
Printer |
1 |
Rp.
250.000,00 |
Rp. 250.000,00 |
|
2. |
Driver All
Printer |
1 |
Rp.
250.000,00 |
Rp.
250.000,00 |
|
|
Total |
Rp. 500.000,00 |
List Hardware
No. |
Nama Barang |
Banyaknya |
Harga Satuan |
Jumlah |
|
1. |
Motherboard
Printer |
5 |
Rp. 200.000,00 |
Rp. 1.000.000,00 |
|
2. |
Power
Suply Printer |
3 |
Rp. 200.000,00 |
Rp. 600.000,00 |
|
3. |
Printer ip2770 |
1 |
Rp. 600.000,00 |
Rp. 600.000,00 |
|
|
Total |
Rp. 2.200.000,00 |
List aksesoris Printer
No |
Nama Barang |
Banyaknya |
Harga Satuan |
Jumlah |
1. |
Tinta |
20 |
Rp.
30.000,00 |
Rp. 600.000,00 |
2. |
Karet Roll |
5 |
Rp. 40.000,00 |
Rp. 200.000,00 |
3. |
Tabung
Tinta |
5 |
Rp. 50.000,00 |
Rp. 250.000,00 |
4. |
Kertas |
1 |
Rp. 50.000,00 |
Rp. 50.000,00 |
5. |
Kabel |
10 |
Rp. 20.000,00 |
Rp 200.000,00 |
6. |
Catridge |
4 |
Rp.
250000,00 |
Rp
1.000.000,00 |
7. |
Kable Flexibel |
4 |
Rp. 25.000,00 |
Rp. 100.000,00 |
8. |
|
|
|
|
|
Total |
Rp2.400.000,00 |
C. Perhitungan Harga
Ketentuan Umum :
ü Harga dapat
berubah sewaktu-waktu.
ü Acuan utama
adalah harga yang telah disepakati melalui kontak via SMS / WhatsApp.
ü Acuan Jarak
adalah jarak terdekat dari Slawi ke lokasi berdasarkan Google Maps.
ü Total biaya
adalah Jumlah Seluruh Komponen Biaya
Biaya Total = Biaya Jasa + Biaya Transport
contoh : jasa pengecekan kerusakan + jarak lokasi
5 km
Biaya Total = Rp. 65.000,00 + Rp. 20.000,00 = Rp. 85.000,00
Komponen Biaya Transport per Lokasi :
ü < 2 km : Rp. 0,-
ü 2 – 5
km : Rp. 20.000,00
ü 6 –
10 km : Rp. 35.000,00
ü 11- 50 km : Rp. 100.000.00
Keterangan : Batas untuk jarak penyervisan 50 km.
Komponen Biaya Jasa per Printer :
ü Jasa pengecekan
kerusakan dan perbaikan : Rp. 50.000,00
ü Service Ringan : Rp. 35.000,00
ü Service Berat :
Rp.70.000,00
ü Penggantian
sparepart : Disesuaikan
ü Ganti Pasang
Komponen atau Pasang Motherboard :
Disesuaikan
ü Untuk
pembelian komponen di atas nominal Rp.50.000 diharuskan membayar
terlebih dahulu (tunai / transfer)
D. Omzet perbulan
Harga pebaikan x jumlah service x 30
hari
( Rp 50.000,00 x 3 servis ) x 30 hari :Rp
4.500.000,00
Harga penjualan
printer
(Rp.50.000,00
x30 hari :Rp 1.500.000,00
Total :Rp 6.000.000,00
E. Omzet Pertahun
Omzet Perbulan x 12 bulan
6.000.000,00 x 12 :Rp 72.000.000,00
F. Laba per bulan
Omzet perbulan – Biaya Oprasional
( Rp 6.000.000,00 - Rp 2.700.000,00 )
: Rp 3.300.000,00
G. Analisa PBP (Pay Back Priod)
PBP = (Modal Awal : Total Keuntungan)
= (Rp. 15.540.000,00
: Rp. 3.300.000,00)
= 4,7 Bulan
Jadi, modal kita dapat kembali kurang
lebih dalam jangka waktu 4,1 bulan atau 124 hari
BAB IV
PENUTUP
Demikian
makalah pendirian usaha jasa service printer ini saya buat. Saya menyadari
bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan dan masih jauh dari
kesempurnaan,. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami
harapkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar